Protokol UITableViewDelegate & UITableViewDataSource

Sebelumnya telah kita tambahkan protokol "UITableViewDelegate" dan "UITableViewDataSource" dalam file header. Ini mungkin membingungkan. apa saja kegunaan kedua protokol tersebut dalam membuat Table View?

UITableView, sebenarnya adalah class di balik Table View, yang dirancang untuk menjadi fleksibel dalam menangani berbagai jenis data. Contohnya Anda dapat menampilkan daftar negara atau nama kontak. Atau seperti contoh ini, kita akan menggunakan tampilan tabel untuk menyajikan daftar resep.
Jadi bagaimana Anda dapat mengetahui bahwa daftar data pada UITableView  yang akan ditampilkan? UITableViewDataSource adalah jawabannya. Ini adalah hubungan antara data dan tampilan tabel. Protokol UITableViewDataSource menyatakan dua metode yang diperlukan (tableView: cellForRowAtIndexPath dan tableView: numberOfRowsInSection) bahwa Anda harus menerapkan di dalam program. Melalui penerapan metode ini, Anda diberitahu Table View berapa banyak baris untuk menampilkan dan data dalam setiap baris.

UITableViewDelegate, ini berkaitan dengan munculnya UITableView. Metode opsional protokol memungkinkan Anda mengatur ketinggian baris tabel, mengkonfigurasi judul bagian dan footer, sel tabel re-order dan lain-lain.

0 Response to "Protokol UITableViewDelegate & UITableViewDataSource"

Post a Comment